Koloni's Blog

GO GREEN with many kind "flowers" ^^,

bunga KPR turun, penjualan rumah terdongkrak

Posted by koloni45 pada Desember 13, 2009

Penurunan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) akan mendongkrak penjualan hunian pada sisa waktu sebelum akhir 2009.

Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Teguh Satria, mengutarakan, penurunan suku bunga perbankan sebesar 0,5%-1% nyaris membuat bunga KPR mendekati level ideal sebesar 10%. Penurunan KPR sebesar 0,5%-1% yang terjadi akan langsung direspons dengan adanya peningkatan penjualan hunian terutama untuk landed house. “Itulah yang mendongkrak tingkat penjualan dalam sisa dua bulan terakhir tahun 2009,” ucapnya.

Sayangnya, peningkatan tingkat penjualan hunian pada akhir tahun 2009 itu tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan pengembang. Sisa dua bulan pada 2009 bisa dibilang tidak akan menutupi kekurangan kinerja pada 10 bulan sebelumnya. “Penjualan dua bulan tidak akan menutupi kinerja 10 bulan pada awal tahun saat KPR sangat tinggi,” katanya.

Beberapa pengembang memang melakukan subsidi selisih bunga untuk satu tahun pertama agar bisa menekan suku bunga KPR hingga 8%-9%. Ini untuk mendongkrak penjualan dalam dua bulan terakhir ini agar target pendapatan tercapai.

Subsidi selisih bunga itu dilakukan dengan harapan adanya realisasi janji penurunan kredit konstruksi oleh pihak perbankan agar meringankan beban pengembang dalam melakukan proyek baru. Ada informasi tentang kondisi likuiditas perbankan yang relatif bagus. “Ini (kondisi likuiditas perbankan) kita manfaat maksimal. Jadi pengembang yang mau ekspansi tidak perlu menunggu lama,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: