Koloni's Blog

GO GREEN with many kind "flowers" ^^,

belajar yang efektif

Posted by koloni45 pada Mei 25, 2010

Dalam kegiatan belajar, kita pasti sangatlah sering merasa bosan atau bahkan cepat lelah. Selain itu, banyak factor pengganggu yang sering kita temukan ketika kita sedang belajar. Hal-hal tersebut dapat membuat konsentrasi belajar kita menjadi menurun dan apa yang kita pelajari tidak maksimal. Dan pada akhirnya, kita akan menyesal bila hasil belajar kita tidak maksimal. Lebih parahnya lagi, masing-masing orang akan mengekspresikan penyesalannya tersebut dengan banyak hal, antara lain dengan mengakhiri hidupnya sendiri.

Dalam belajar, tiap-tiap orang mempunyai cara masing-masing untuk dapat menyerap semua ilmu yang ia pelajari di sekolah. Diantaranya dengan menyimak, membaca, mendengarkan, mengerjakan latihan-latihan soal, dll. Hal-hal tersebut yang biasa dilakukan banyak orang, khususnya para siswa untuk mendapatkan nilai yang maksimal di sekolahnya. Bermacam-macam cara belajar tersebut tidak dapat diberlakukan pada anak yang satu dengan yang lainnya, karena masing-masing anak mempunyai karakter  yang berbeda-beda, yang juga mempengaruhi cara belajar mereka.

Ada beberapa tips/cara belajar yang efektif yang dapat dilakukan sendiri di rumah maupun di sekolah, antara lain :

1. Bagilah subjek-subjekmu dan pelajari bergantian

Meski awalnya terasa tidak efektif, membagi-bagi subjek yang ada dan mempelajari sebagian dari bagian yang berbeda terbukti mampu memberikan hasil efektif. Misalnya pada 15 menit pertama belajar biologi, lalu 15 menit berikutnya fisika, setelah itu 15 menit untuk matematika.

2. Tes dirimu sendiri

Coba tanyakan pada dirimu sendiri tentang materi-materi yang telah kamu pelajari. Mengetes diri sendiri memiliki dua keuntungan. Pertama, karena prosesnya yang mengambil ingatan dari pikiran, hal ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Kedua, mengetes diri sendiri dapat menguji apakah cara belajar kamu sudah efektif atau tidak. Kamu dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan kamu sebelum terlambat.
Tapi ada satu syarat, mengetes diri sendiri tidak akan berhasil kalau kamu lakukan ketika kamu baru saja selesai belajar. Itu tidak mengasah daya ingatmu tetapi membuatmu sombong.

3. Ambil kesimpulan dan integrasikan

Setelah keluar dari kelas atau membaca satu bab buku, ambil kesimpulan-kesimpulan penting, dan pikirkan bagaimana kesimpulan-kesimpulan tersebut berhubungan dengan keseluruhan topik dan pengalaman pribadi. Proses itu dikenal sebagai integrasi pengetahuan, sangat bermanfaat untuk memperkuat daya ingat dan mengimplementasikan pengetahuan pada kejadian nyata. Agar lebih mengefektifkan teknik tersebut, kamu bisa memberitahukan atau mengajarkan orang lain tentang apa yang telah kamu pelajari. Menerangkan kesimpulan-kesimpulanmu memerlukan integrasi dan kemampuan meringkas dan itu adalah cara terbaik untuk mengecek kelemahan-kelemahan dalam pengetahuan yang kamu miliki.

Memang masih ada banyak cara lain yang dapat memaksimalkan hasil belajar kita. Tetapi semuanya itu tergantung dari masing-masing diri kita, bagaimana kita memprioritaskan kegiatan belajar dalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya sebagai para pelajar.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: